Mau Memiliki Rumah Second? tips ini Bisa Membantu

Tips memiliki rumah second
Ilustrasi dari pixabay.com

Memiliki rumah hampir menjadi pilihan setiap orang. Selain memberi kenyamanan, rumah juga menjanjikan keuntungan secara ekonomis baik untuk disewakan maupun dijual di kemudian hari karena rumah cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dengan kelebihan tersebut banyak yang memilih membeli rumah baru dari pengembang karena legalitas serta dokumen yang terjamin. Namun bukan berarti yang mengincar rumah bekas (second) sedikit, sebab harganya yang murah menjadi pilihan. Lantas bagaimana memilih rumah second? berikut tips yang bisa membantu memilih rumah second yang menguntungkan.

Akses atau Lokasi

Seperti investor properti, rumah yang dipilih memiliki lokasi yang strategis. Lalu, seperti apa lokasi strategis? Apakah ditengah kota atau yang banyak akses transportasi? Keduanya benar, namun disarankan memilih tinggal diluar pusat kota seperti luar Jakarta sebab selain harganya yang terjangkau akses luar kota ke pusat sudah ada.

Langkah selanjutnya, pilih yang memiliki akses seperti akses transportasi dan waktu tempuh yang singkat yang membuat lokasi rumah dan tempat kerja menjadi singkat.

Rencanakan Budget dan Cek Harga

Selanjutnya menyesuaikan budget dengan rumah yang akan dibeli, tidak lupa juga cek harga. Hal ini berguna untuk keperluan renovasi, biaya transaksi, biaya pengurusan surat dan hal lainnya sekaligus cocok untuk investasi yang apabila menguntungkan dalam beberapa tahun kedepan.

Bebas banjir

Faktor selanjutnya yang membuat rumah second menjadi menguntungkan adalah bebas banjir. Pastikan jika lokasi rumah tersebut bukan langganan banjir dengan melakukan riset seperti bertanya pada tetangga atau mencari info lewat internet.

Periksa Kelengkapan Surat

Demi keamanan membeli rumah second, periksa keberadaan Surat Hak Milik (SHM), Izin mendirikan bangunan (IMB) dan sertifikat rumah beserta tanah. Pastikan juga rumah yang akan dibeli tidak akan menjadi objek sengketa di kemudian hari. Minta juga bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bila perlu, tambahkan notaris atau PPAT untuk melakukan cek bersih.

Cek Kondisi Bangunan

Jangan lupa rumah yang akan dibeli layak untuk dihuni, periksalah keadaan rumah dari segala sudut rumah. Bila perlu, ajak konsultan bangunan untuk memeriksa dan mendapatkan informasi paling ideal mengenai pondasi, struktur bangunan lantai, serta atap rumah. Perhatikan juga daya listrik dan distribusi kabel, sirkulasi udara, intesitas cahaya dan hal lainnya yang membuat rumah second tersebut sesuai dengan incaran.

Demikian beberapa tips memiliki rumah second, semoga tips ini membantu memilih rumah second sesuai pilihan.

Komentar

Postingan Populer