Mau Membangun Gazebo? 4 Tips Ini Bisa Membantu

Mau membangun gazebo? 4 tips ini bisa membantu
Gambar dari Arsitektur.me

Bila mendengar istilah gazebo, tentu bukan hal baru bagi kita. Pasalnya, gazebo sering dihubungkan dengan rumah terutama untuk mempercantik area taman. Tidak hanya mempercantik taman, gazebo juga cocok untuk beragam kebutuhan seperti tempat untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga.

Untuk membangunnya bisa dilakukan secara permanen maupun knockdown atau bongkar pasang. Jika memilih secara permanen, materialnya yang digunakan bisa menggunakan material beton, besi, bata, pasir dan semen. Sementara untuk membangun secara knockdown atau bongkar pasang, bisa memilih material berbagai jenis kayu.

Lalu untuk pemilihan posisi, kamu bisa menempatkannya di halaman depan, samping atau belakang. Bahkan untuk rumah bertingkat sekalipun bisa memiliki gazebo dengan membangunnya di atap rumah atau rooftop. Jadi tidak perlu kepikiran masalah posisi untuk gazebo.

Nah, bagi kamu yang ingin membangun gazebo, ada beberapa tips yang bisa kamu simak agar hasilnya lebih memuaskan.

Ukuran Gazebo

Untuk ukuran gazebo disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Umumnya, gazebo memiliki luas 1/5 dari total luas lahan. Ukuran minimalnya juga sekitar 2m x 2m yang cocok untuk ruang berkumpul bersama keluarga.

Percantik dengan Furnitur dan Aksesoris

Selain ukuran, tampilan gazebo wajib dihias agar tidak monoton. Kamu bisa menghiasi dengan benda seni yang bisa digantung dan menggeluarkan bunyi saat tertiup angin. Tidak lupa juga furnitur lainnya agar semakin menarik dengan menambahkan warna yang “senada” seperti karpet atau bantalan lembut yang membuat gazebo semakin cocok untuk bersantai.

Jalan Setapak

Untuk gazebo, akses cukup diperlukan agar semakin memuaskan hasilnya. Untuk membuatnya, buatlah jalan selebar 40 cm hingga 90 cm. Sementara material yang dipilih bisa disesuaikan dengan elemen yang digunakan seperti batu alam atau dek kayu yang dapat bertahan terhadap cuaca dan tidak licin saat melewatinya.

Pencahayaan

Pencahayaan menjadi penting bagi gazebo, selain berguna untuk bersinergi dangan pencahayaan taman, berguna juga untuk saat malam. Dengan kehadiran pencahayaan, gazebo menjadi tempat yang cocok setiap waktu.

Nah begitulah 4 tips membangun gazebo, semoga hasil gazebo kamu menjadi memuaskan.

Komentar

Postingan Populer