Tips Mengatur Pencahayaan di Berbagai Ruangan

Rumah menjadi tempat yang menarik untuk melakukan aktifitas, tidak peduli aktifitas apa yang dilakukan akan selalu menyenangkan bagi pemiliknya. Untuk itu penting mengatur pencahayaan yang bisa memaksimalkan aktifitas diberbagai ruangan. Tidak hanya itu, dengan melakukan pencahayaan suasana di tiap ruang juga terbentuk.

Lalu bagaimana mengatur pencahayaan yang baik diberbagai ruangan? Berikut tips pencahayaan yang baik berdasarkan ruangnya.

Pencahayaan Ruang Keluarga

Saat memasuki rumah, ruang keluarga sering dijadikan tempat beraktifitas. Oleh karena itu diperlukan pencahayaan yang merata. Untuk suasana, bisa juga menggunakan cahaya yang tidak langsung seperti lampu diletakkan di balik plafon yang diturunkan.

Ruang keluarga
Ruang kelurga dari Flickr.com

Cara lainnya, bisa juga menempatkan lampu di beberapa tempat aksesoris atau benda seni yang semakin menambah suasana. Selain itu bila kamu ingin membaca, bisa juga menambah pencahayaan yang terang di ruang keluarga yang sesuai dengan pilihanmu.

Pencahayaan Ruang Makan

Selain ruang keluarga, ruang makan cukup penting. Untuk pencahayaan yang baik, memilih pencahayaan di atas meja makan menjadi pilihan. Selain memiliki cahaya yang cukup, suasana juga ikut terasa dengan berbagai dekoratif seperti menciptakan suasana lembut dengan membuat pencahayaan redup.

Ruang makan
Ruang makan dari Flikcr.com

Namun bila kamu tidak perlu pencahayaan khusus di ruang makan bisa mempertimbangkan warna dinding. Dengan mempertimbangan warna dinding, kamu bisa menentukan warna dinding untuk ruang makan kamu yang sesuai dengan pencahayaannya seperti bila warna dinding gelap maka cahaya akan semakin diserap.

Pencahayaan Dapur

Dapur menjadi ruang yang membutuhkan cahaya yang kuat untuk beraktifitas namun tidak menyuliaukan mata. Biasanya untuk cahaya dapur membutuhkan 5000 – 10000 lumen, cahaya tersebut sudah mencakup kompor, meja dapur dan lainnya.

Dapur
Dapur dari Flikcr.com

Untuk kamu yang mendesain dapur seperti memasang lemari penyimpanan atas  bisa melengkapi bagian bawahnya dengan lampu untuk kegiataan mencuci dan memotong makanan. Kamu bisa juga memasang cahaya di tiap lemari yang semakin menambah penampilan dapur.

Pencahayaan Kamar Mandi

Sering kamar mandi terhubung dengan ruang makan dan dapur yang bertujuan agar tiap ruang menjadi lebih fleksibel. Untuk itu biasanya kamar mandi diusahakan memberi kenyamanan dan keamanan saat beraktifitas, salah satunya dalam pencahayaan yang merata.

Kamar mandi
Kamar mandi dari Flickr.com

Namun, bila kamu menempatkan cermin di dalam kamar mandi, kamu bisa menambah lampu tambahan. Hal ini berguna untuk menutupi kekurangan sumber cahaya yang berasal dari langit-langit. Oleh karena itu, tempatkan lampu di sisi kanan dan kiri cermin agar kamu dapat menggunakan cermin dengan maksimal.

Pencahayaan Kamar Tidur

Kamar tidur memiliki fungsi untuk istirahat, namun bisa juga untuk kegiatan lain seperti membaca atau mengerjai tugas. Untuk itu, pencahayaan yang merata tidak saja cukup, diperlukan cahaya tambahan untuk kegiatan lain.

Kamar tidur
Kamar tidur dari Flickr.com

Selain untuk kegiatan, jangan lupa menyiapkan lampu temaram untuk pengguna saat tidur. Tempatkan juga lampu samping yang berguna untuk mendapatkan cahaya saat bangun atau meraih benda.

Pencahayaan Area Luar

Salah satu fungsi area luar adalah keamanan, baik keamanan dalam beraktifitas maupun keamanan rumah itu sendiri. Fungsi lainnya adalah fungsi estetis, sehingga diperlukan pencahayaan untuk menambah kualitas dan keamanan di ruang luar area.

Untuk yang memiliki taman, bisa menambahkan lampu di area sirkulasi, aktivitis dan beberapa lampu sebagai aksen tanpa harus menerangi setiap sudut taman.

Pencahayaan Ruang Sirkulasi

Ruang sirkulasi lebih cocok pencahayaan secara merata seperti tangga yang berguna untuk memberi keamanan. Kamu bisa juga menambah aksesoris yang menurutmu menarik untuk menambah kesan seperti tangga dengan aksesoris foto atau lukisan.

Ruang sirkulasi
Salah ruang sirkulasi yaitu tangga dari Flickr.com

Komentar

Postingan Populer