Tips Merawat Koper Kamu Agar Semakin Awet

Tips Merawat Koper Kamu Agar Semakin Awet
Ilustrasi dari pixabay.com

Memiliki koper sangat membantu terutama untuk para traveling. Pasalnya dengan adanya koper, berbagai benda seperti pakaian, kamera, sepatu, aksesoris dan benda berharga lainnya mudah disimpan. Karena itu, penting untuk merawat koper yang kamu sayangi agar tetap awet dan bisa di bawa pergi kemana aja.

Untuk menjaga dan merawat Koper kamu agar semakin awet, berikut beberapa tips yang bisa membuat koper kesayanganmu tetap awet dan siap untuk liburan selanjutnya tanpa harus membeli koper yang baru.

Segera Kosongkan dan Bersihkan Koper

Selesai bepergian, segera membongkar isi koper. Sebab barang yang tertinggal terlalu lama bisa saja rusak atau menimbulkan bau tidak sedap seperti Kamera yang asal taruh atau makanan. Setelah selesai membongkar koper cobalah membersihkannya dengan mulai memeriksa bagian-bagian koper seperti trolly, roda dan kunci kombinasi yang bila ada yang rusak bisa cepat diperbaiki.

Selanjutnya cobalah membersihkan koper menggunakan sikat atau kain basah dengan cara dilap pada bagian yang kotor secara perlahan. Hal ini berguna untuk menghilangkan debu atau kotoran yang membandel dari sisa Stiker dan Tag bandara.

Saatnya Menjemur

Setelah selesai membongkar dan membersihkan, saatnya dijemur supaya terhindar dari jamur dan bau yang tidak menyenangkan. Untuk pemilihan tempat, usahakan jangan dijemur dibawah sinar matahari, karena bisa memudarkan warna koper kesayanganmu.

Bungkus Koper dan Simpan di Tempat Kering

Koper dapat dibungkus dengan plastik atau cover khusus sesuai ukuran koper yang bisa ditemukan pada toko tas. Lalu simpan ditempat yang tidak lembab dan jauhkan dari jangkauan anak-anak seperti di dalam lemari atau di atas lemari.

Tips lainnya

Untuk tips lainnya, kamu bisa menggunakan dry gel atau silica gel yang berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap. Tapi sebelum menggunakannya cobalah dulu pakai vacum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran, agar bebas dari bau apek. Satu lagi, bisa juga melumuri trolly dengan minyak, agar trolly tidak mudah berkarat.

Begitulah perawatan koper kesayanganmu agar semakin awet. Dengan menjaga dan merawatnya, kamu sudah bisa berhemat biaya dan waktu untuk mencari koper baru. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer