5+ Tips Membuat Kamar Kost Semakin Adem dari Panas

5+ Tips Membuat Kamar Kost Semakin Adem dari Panas - Kamar kost, cukup mudah kita temukan. Berbagai ukuran dan fasilitas mudah ditemukan, begitu juga dengan aksesnya.

Membuat kamar kost semakin adem
Yuk Membuat kamar kost semakin adem, via pixabay.com

Namun dibalik itu, tentu saja ada kekurangannya, salah satunya panas. Meskipun begitu, bukan berarti tidak bisa diatasi. Nah, bagi kamu yang ingin mengusir panas, berikut tips yang bisa kamu coba untuk membuat kamar kost semakin adem.

Memilih warna tembok

Memilih warna tembok bisa memberikan pengaruh terhadap kamar kost. Caranya bisa memilih warna yang cerah seperti biru muda, hijau dan putih. Alasannya, dengan memberikan warna cerah, membuat suasana kamar kost menjadi lebih adem.

Memilih warna tembok untuk mengatasi panas
Memilih warna tembok untuk kamar, via pixabay.com

Namun bila tidak dibolehkan mengecat ulang kamar kost. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan wallpaper atau dekorasi yang lain yang membuat suasana ruangan semakin adem.

Matikan lampu di siang hari demi suasana adem

Dengan mengurangi daya lampu, panas bisa diatasi
Lampu juga bisa memberi pengaruh terhadap panas ruangan, via pixabay.com

Untuk mendapatkan suasana adem dan tidak panas, mematikan lampu di siang hari bisa dilakukan. Namun bila tidak tahan gelap di siang hari, kamu bisa menggunakan yang watt-nya lebih kecil. Dengan cara ini, kamu bisa beraktifitas pada siang hari dan tetap adem di malam hari.

Hindari meletakkan barang terlalu banyak

Tips lain yang bisa dilakukan untuk mengusir panas adalah dengan mengurangi tumpukan barang. Hal ini dilakukan agar kamar tidak penuh sehingga kamar kost bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Keuntungan lain bila mengurangi tumpukan barang, kamu bisa menjaga kesehatan dari berbagai abu dan debu sehingga pikiran juga tidak ikut panas untuk mengurusnya.

Manfaatkan Ventilasi

Biasanya kamar kost tersedia ventilasi yang bertujuan untuk sirkulasi udara. Nah bagi kamu yang memiliki ventilasi, ada baiknya untuk membersihkannya dari kotoran debu sehingga kamar kost bisa kembali adem.

Maksimalkan kipas angin

Memiliki kipas angin, bisa membuat kamar kost kembali sejuk. Namun kita bisa memaksimalkannya agar kamar semakin sejuk. Caranya dengan mengarahkan kipas angin ke arah dinding yang berlawanan dengan tempat kita duduk atau tidur. Cara ini berguna untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Tambahkan tanaman atau bunga untuk membuat kamar lebih segar

Tambahkan tanaman, siap memberi udara segar
Meletakkan tanaman bisa membuat suasana sejuk, via pixabay.com

Menambah tanaman atau bunga bisa memberi udara segar. Untuk meletakkannya, kamu bisa meletakkan di pot-pot kecil di dalam kamar. Namun, ada baiknya saat malam hari dikeluarkan, mengingat sifat tanaman bila malam hari mengeluarkan karbondioksida yang bisa mengganggu kesehatan.

Nah begitulah tips membuat kamar kost semakin adem dari panas. Bagi kamu yang kepanasan, yuk segera dicoba.


Referensi: hipwee.com dan bukainfo.com

Komentar

Postingan Populer