Tips Sederhana Mencegah Rayap di Rumah

Tips Sederhana Mencegah Rayap di Rumah

Kayu, salah satu material yang sering ditemukan pada rumah. Tidak hanya rumah saja, berbagai furnitur seperti meja dan kursi juga menggunakan kayu yang membuatnya semakin dibutuhkan. Namun ada kekurangan kayu, salah satunya mudah diserang rayap karena rayap memerlukan kayu sebagai asupan gizi.

Untuk mengetahuinya, bisa di cek kondisi kayu. Bila kayu berlubang, bisa jadi rayap telah ada di rumah. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa tips sederhana yang bisa mencegah rayap datang ke rumah.

Bersihkan tempat favorit rayap

Untuk membersihkan tempat favorit rayap bisa dimulai ditempat lembab seperti gudang. Untuk tempat lainnya bisa juga memperhatikan kondisi kayu atau barang-barang lainnya agar tidak menjadi tempat tinggalnya.

Bersihkan barang yang mengundang rayap

Setelah membersihkan dan memonitoring ruang favorit rayap. Anda bisa membersihkan barang seperti tumpukan barang dan sisa kayu di sekeliling area rumah. Namun, bila barang tersebut masih anda gunakan, bersihkan kembali agar rayap tidak kembali.

Lemari dan benda-benda yang tersimpan di dalamnya

Lemari wajib anda waspadai karena rayap senang dengan kondisi lembab. Untuk mengatasinya, bisa dengan rajin memeriksa benda-benda yang tersimpan di lemari atau tempat rahasia lainnya. Bersihkan benda tersebut dan susun kembali dengan rapi secara berkala agar rayap bisa teratasi.

Pohon dan akar

Jika anda menebang pohon, sebaiknya dibersihkan karena rayap senang dengan kayu. Pastikan juga akarnya agar rayap tidak muncul kembali.

Jaga furnitur

Jika rayap menyerang furnitur, anda bisa mencegahnya dengan menjemur furnitur di bawah sinar matahari. Lakukan secara rutin agar rayap menghilang dari tempat tersebut.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan air cucian beras. Caranya dengan menyiramkan air cucian beras ke sekeliling tempat tinggal rayap.


Referensi: idea.grid.id dan bacaterus.com

Komentar

Postingan Populer